Kamis, 13 Januari 2011

Ayo Belajar Bahasa Inggris!



Bahasa , sebenarnya apa arti dari bahasa sih? Bahasa adalah salah satu alat komunikasi verbal antara seseorang dengan yang lainnya agar terjadi suatu komunikasi. Di dunia ini ada banyak sekali bahasa, dan salah satunya adalah bahasa inggris. Bahasa inggris sudah disepakati seluruh negara di dunia sebagai bahasa internasional. Loh, kok bahasa inggris sih, bukan bahasa jepang, perancis ataupun bahasa Indonesia? Bahasa inggris dijadikan sebagai bahasa internasional karena pada zaman penjajahan dahulu, mayoritas negara – negara di dunia ini dijajah oleh bangsa inggris, tak terkecuali juga untuk negara kita ini, negara Indonesia yang juga sempat dijajah bangsa Inggris.
Berbicara tentang bahasa inggris, saya secara pribadi suka lho sama bahasa yang satu ini (curhat nih yee, hehe). Selain bersifat internasional, saya rasa jika kita pintar berbahasa inggris kita seolah – olah mempunyai skill yang membanggakan diri sendiri lho! Coba saja bayangkan, jika suatu ketika kita jalan – jalan ke luar negeri (go abroad) dengan bermodalkan bahasa nasional negara kita saja, apa yang akan terjadi? Yeah, you are right! Kemungkinan terjadinya misunderstanding sangat besar sekali. Namun apabila kita sudah cukup bisa berbahasa inggris disana kita bisa saling mengerti apa yang sedang dibicarakan satu sama lain :), tak usah khawatir tersesat deh… hehe
Satu contoh lagi, misalkan kita membeli seperangkat PC. Di PC menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa defaultnya, masa sih PC sudah milik sendiri tapi gak bisa mengoperasikannya? Payah.. nah makanya, mari kita bersemangat untuk belajar bahasa inggris!
Banyak jalan menuju ke Roma, begitu juga bahasa inggris, ada banyak cara untuk mempelajarinya misalnya lewat internet, buku – buku di perpustakaan, majalah dll. Saya juga lagi semangat belajar bahasa inggris, saya belajar bahasa inggris lewat buku – buku bacaan di perpustakaan, software TOEIC MASTERY, internet, dan buku – buku pelajaran dari sekolah. Ternyata asik juga lho! Setiap minggu saya paksakan untuk pergi ke perpustakaan sendirian buat baca – baca teks bahasa inggris entah itu dari majalah, koran, novel ataupun komik (temen – temen yang lain gak suka ke perpustakaan sih jadi ya sendirian terus, si doi juga sering saya ajak tapi gak mau, katanya dia gak hobi baca). Kok dipaksakan? Soalnya kalo gak dipaksakan saya akan malas (hehe, harus punya niat yang kuat dulu). Saya ke perpustakaan mulai dari perpustakaan sekolah saya sendiri sampai ke perpustakaan kabupaten. Tapi saya seringnya ke perpustakaan kabupaten soalnya buku – buku disana lebih bagus dan lengkap daripada buku – buku di perpustakaan sekolah saya sendiri yang jarang di-update. Saya ke perpustakaan kabupaten sepulang sekolah, disempet-sempetin. Pulang ke rumah kadang sampe sore banget.. sampe tinggal sepeda saya doank di penitipan sepeda, malah kadang ngrasa gak enak sama penjaga sepedanya yang nungguin sepeda saya sampe jamuran, hehe… saya tiap hari berangkat sekolah pake sepeda sampe penitipan sepeda habis itu ng-angkot kalo gak ya nge-bis buat ke sekolahnya ?.
Kita sebagai makhluk sosial pastinya gak bisa hidup sendiri kan? Juga gak bisa pinter sendiri kan? Nah, di sekolah saya ada anak yang pintar bahasa inggris, namanya Erma Agus Setiyaningsih. Walaupun beda kelas (tapi seangkatan) saya sering Tanya – Tanya ke dia biar ikut – ikutan ketularan pinternya ?, dia baik lho gak sombong. Dia kan jago banget bahasa inggrisnya sesekolahan.
Lewat internet lebih canggih lagi, saya bisa belajar berbahasa inggris secara online. Saya seringnya mengakses internet pake handphone yang praktis, tapi kadang juga lewat PC kok. Kalo lewat PC saya harus pergi ke warnet dengan uang saku yang terbatas hehe..(jujur), kalo via handphone kan bisa menghemat cost, iya nggak? Wkwkwk... Saya punya akun facebook, dan saya manfaatkan deh buat belajar bahasa inggris juga, dengan memasukan keyword ‘belajar bahasa inggris’ di kotak pencarian saya dapat info – info seputar belajar bahasa inggris, misalnya dengan akun “belajar inggris” ini yang sudah saya ‘like’, saya bisa dapat informasi banyak dari admin akun tersebut, makasih ya pak Admin yang baik ?. Selain itu saya juga suka nge-search orang – orang luar negeri buat dijadikan teman di facebook. Dengan berteman maka kita bisa menjalin suatu komunikasi berbahasa inggris dengan mereka, jadi secara tak langsung kita bisa belajar dengan mereka. Di facebook, saya jadi punya kenalan dari Afrika, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Saya juga nglakuin kaya gitu di akun twitter saya. Lewat internet saya juga akhirnya bisa menemukan website – website penyedia kursus bahasa inggris secara online seperti bahasainggris.net yang sangat menguntungkan bagi kita semua. Kita bisa mendownload materi pembelajarannya secara gratis lho (sebagian)! Selain situs jejaring sosial tadi (facebook dan twitter) saya juga sering tanya-tanya di Yahoo! Answers.
Di internet juga ada fasilitas e-dictionary, lewat e-dictionary ini kita bisa tahu arti kata dari berbagai bahasa di dunia (terutama bahasa inggris). Situs e-dictionary yang paling saya senangi yaitu google translate, saya suka google translate karena lengkap banget (hehe~). Nah, itu lah sedikit pengalaman saya dalam mempelajari bahasa agung ini, semoga Anda bisa bersemangat juga untuk belajar bahasa inggris! Salam English! Fight! ?

http://a-guz.blogspot.com


artikel ini didukung olehbelajar hipnotis

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Site Info

Ini adalah blog biasa yang saya buat karena saya (agak) hobi menulis :). Maaf, apabila blognya kurang menarik dari segi tampilan maupun isinya. Salam

Coretanku.. Copyright © 2011 This site is redesigned by Agus Widiyanto