Senin, 28 Februari 2011

UKK (Ujian Kompetensi Kejuruan) sukses! walaupun ada yang aneh (_ _*)



UKK atau Ujian Kompetensi Kejuruan adalah ujian praktek wajib bagi sekolah - sekolah kejuruan (SMK).
Kemarin Sabtu tanggal 26 Februari 2011 adalah hari pertama UKK untuk program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).
karena komputer yang tersedia hanya 40 padahal 1 anak pegang 2 komputer (client-server) jadi UKK dibagi menjadi 2 kloter, kloter pertama hari sabtu (26/2) dan kloter kedua (28/6).
karena aku absen 7 jadi aku masuk ke kloter 1, sempet deg deg-an si soalnya gak begitu siap banget (hari - hari sebelumnya sibuk, banyak Try Out), kalo yang kloter 2 kan bisa siap - siap di hari sabtu atau minggunya.
hari jumat, sehari sebelum UKK aku 'n temen2 nyiapin komputer lab yang banyak yang error. Aku sampe enek ngurusinnya yang DVD ROOMnya rusak lah, fan processor lambat, VGA kurang kenceng dll pokoknya ribet. Alhamdulillah jam 4 lebihan selesai, tinggal pulang.
aku biasanya pulang sama Agus PW 'n Cuenk, tapi karena tadi aku kelamaan ngurusin fan processor yang error jadi aku ditinggal sama mereka, udah sore juga masalahnya, rumah mereka lebih jauh dari rumahku.
untung aja ada Toro, jadi bisa pulang bareng (jalan kaki ke terminal). Waktu jalan kita ketemu Yeyen yang habis nge-date kayaknya, berlawanan arah jalan kaki. Pas mau ngobrol - ngobrol sebentar eh ada suara ujan dateng, sontak kita pada lari, xixixi..
eh ternyata gak ujan, aku n toro jalan nyante lagi... eh pas di depan pasar segamas purbalingga kite nge-denger suara gemuruh kayak suara mobil, karena penasaran kita jadi nengok ke belakang... masya@ itu ujan yang dateng! langsung ambil jurus kaki seribu deh, lari ngos - ngosan sampe terminal.
tapi pas mau nyampe di terminal nyari tempat teduh kita malah udah ke-makan tuh ujan (basah sedikit).
akhirnya kita ngiyub di pos terminal yang udah rusak kayaknya. Eh ada angkot nomer 9, toro pamit pulang deh. tinggal aku, nunggu sampe agak reda tuh ujan. Eh ketemu sama siapa itulah aku lupa namanya, anak PJ. nunggggggguin angkot bareng, akhirnya pulang naik angkot nomer 2. turun dari angkot, seperti biasa aku jalan kaki ke penitipan sepeda, sepedaku dititipin di deket pasar bancar.
ealah... sepedaku ada yang trobel untung aja dengan bantuan eyang pinitipan sepeda jadi bisa jalan lagi deh sepedaku. Pulang malah ujan lagi, masya@... sampe rumah tangannya item kena oli + basah..
sampe rumah mandi + sholat (jam 5 kurangan, moga aja masih bisa) trus makan, rehat sebentar sambil nunggu maghriban. Abis maghriban + isya-an aku latihan buat besok di kompi pemberian pak de. Mandan enek si, niatnya mau pake Virtual Box malah pas dijalanin me-pause sendiri (imbuhannya salah tuh ya, hehe).
niatnya pengin install pake harddisk langsung aja tapi karena kapasitas harddisk yang sangat terbatas (cuma 40 GB) jadi tak kenal lelah aku coba - coba pake software virtual itu lagi.
Alhamdulillah ternyata jadi! dengan memperbesar alokasi pemakain RAM. Langsung tancep deh! latihan sambil dihibur sama mba Hayley. Gak terasa liat jam di pojokan kanan udah jam 22.59, cepet2 deh latihannya trus shut down tuh kompi baru tidur, takutnya malah besoknya ngantuk si.
!
!
!
Pagi harinya, Sabtu 26 Februari 2011... bangun jam lima kurangan lah. Sholat subuh trus langsung nyalain kompi lagi. UKKnya itu nglepas kabel - kabel dalam CPU, masang lagi, nginstall Debian 5 (full text) + Windows XP, cabling (crossover), konfigurasi web server, web mail, sama dns.
aku lupa malemnya belum bikin rencana tampilan nanti di web servernya! waktunya dah mepet banget.. langsung aku nyari - nyari scipt html buat dihapalin, untung aja gampang dihapal, sampe lupa sarapan tapi akhirnya sarapan juga (sedikit banget). Tapi karena ini aku jadi dianter ke sekolahnya, gak nyepeda. Siangnya bapakku yang nitipin sepedanya ke penitipan, pulangnya aku yang ambil.
!
!
nyampe di sekolah...
ketemu temen - temen lain :), pada crita - crita deh..
eh ternyata UKKnya dimulai jam 8 pagi (masya@ nunggu lama nih). Ya udah deh gak papa sambil ngapalin script html tadi (_ _!), nungguin di depan pintu lab, lesehan..
!
!
"..Ya bisa dimulai" pak udin bilang gitu. OK friends, lets prove our ability! kita pada duduk di tempat masing - masing. Aku duduk paling depan sendiri, karena absenku 7.
UKK diawali dengan berdoa bersama dulu trus dibagi soalnya. Aku n temen - temen gak kaget sama soalnya soalnya itu sama persis sama yang buat latihan kemarin - kemarin di lab.
dengan mantap kita memulai UKK hari itu.. agak khawatir si pas nyabuti kabel + masangnya lagi, takutnya salah masang pada led yang kecil - kecil itu. Salah masang aja bisa gak nyala..
untung aja nyala :).... lanjut deh nginsall debian 5 di komputer server + konfigurasi sekalian (kiri) sama Windows XP SP3 (kanan).
aku bawa CD instalan 0S dari rumah, sehari sebelumnya udah aku siapin. sambil nungguin nginstall aku bikin kabel cross-over. Disitu di meja masing - masing udah disediain alatnya masing - masing + 4 konektor RJ-45 jadi gak ada kata pinjem - pinjeman lagi.
Astaghfirullah.. konektor kedua gagal! nyoba konektor ke 3, jadi. Eh, pas dites pake Network Cable Tester kok aneh ya? ada lampu indikator yang nyala 3, harusnya kan 2. Aku coba pake tester punya temen siapa tau tester yang tadi error. Eh kok sama??? bingung deh.. aku coba pasang di client sama server hasilnya “..Reply from blabla, DESTINATION HOST UNREACHABLE”
tanya ke Deka (belakangku) katanya urutan warnanya udah bener, tanya Toro (kananku), Fajar semuanya bilang "..bener", semuanya jadi ikut - ikutan bingung. Mau tanya ke Pak Udin sama Pak Mawoto ntar takutnya malah dibilangin ini itu. Tak coba aku kencengin lagi pake Crimping tools. Eh, pak Mugi liat aku..
dicek deh sama pak mugi. Pak mugi gak bisa ngliat urutan warnanya (maklum presbiop). Pak mugi bilang kalo ada urutan warna yang salah pastinya! pak mugi juga keliatan bingung. Tapi aku bersikukuh kalo itu udah bener! ya udah deh dari pada kelamaan mending turutin aja Pak mugi, bikin lagi dari awal (_ _7)
karena kurang konektor jadi minta 1 lagi sama pak udin. alhamdulillah untuk kali ini SUKSES! Jadi total, aku make 5 konektor RJ-45..
setelah selesai ngurusi kabel tinggal nunggu dinilai deh.
Webserver dengan tampilan basic html frameset-ku pun akhirnya dinilai sama Pak Marwoto. Aku sengaja bikin tampilannya pake frameset soalnya tampilannya bisa bagus, gak kayak yang biasa itu (html head title)…
Ada 3 frame; header, menu dan detail. Pada bagian menu, setiap link aku arahkan ke bagian detail.
!
!
Ternyata sisa konektor juga dihitung (OMG! Aku -1).. tinggal nunggu dinilai sama pak udin deh, yang nilai Cuma 2 orang jadi ya ngantri gitu, padahal jam 11 lebihan aku udah selesai. Alokasi waktu UKK ini 8 jam! Dari jam 8 pagi – 4 sore, tapi gak nyampe jam setengah satu juga udah pada kelar.,
Pas dinilai sama pak udin ternyata dicek lagi webservernya + email + dns, padahal kabel cross-overnya udah dipotong (ikut-ikutan temen). Jadi pinjem kebel yang lain.. pas dicek aku jelasin kalo aku pake frameset html dll.. waktu itu juga dikasih pertanyaan, berikut pertanyaannya:
1. Topologi apa komputer yang sudah dikonfigurasi ini?
2. Apa jenis jaringannya?
3. Apa tipe jaringannya?
4. Berapa jumlah host maksimal berdasarkan subnetmask di bagian konfigurasi IP?
Untung aja aku bisa jawab semua.. tinggal pulang deh, tapi aku mbantu deka dulu. Agak lama mbantu deka trus pulang deh sama Agus Pw, Toro n Alfin ke terminal, biasa,,,,, jalan kaki :)
Seangkot sama Agus Pw.. pas diangkot malah ujan! Sebelumnya udah curiga si, keliatan mendung gitu.. turun di Halte Bancar, hujan-hujannan ambil sepeda, ngiyub di pinitipan sepeda trus pulang ke rumah dengan selamat!!

http://a-guz.blogspot.com
Minggu, 27 Februari 2011 | 06:44

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Site Info

Ini adalah blog biasa yang saya buat karena saya (agak) hobi menulis :). Maaf, apabila blognya kurang menarik dari segi tampilan maupun isinya. Salam

Coretanku.. Copyright © 2011 This site is redesigned by Agus Widiyanto