Senin, 28 Februari 2011

Mengapa dengan menambahkan RAM, komputer kita bekerja lebih cepat?



Pada dasarnya dengan menambah RAM (Random Access Memory) akan membuat komputer kita berproses lebih cepat, khususnya untuk program – program tertentu. RAM lebih penting karena komponen system operasinya disebut “Virtual Memory Manager” (VMM).
Ketika menjalankan sebuah program seperti “word processor” atau “internal browser”, microprocessor di komputer kita. Kita akan mengambil program “executable file” (EXE) atau file yang dapat dijalankan dari harddisk dan menempatkannya pada RAM. Untuk menjalankan program yag besar seperti Microsoft word atau excel , EXE kira – kira memerlukan 5MB RAM. Microprocessor juga menarik sejumlah Dynamic Link Libraries (DLLs), yaitu bagin kode yang digunakan dalam aplikasi berganda. Total dari DLLs adalah 20 – 30 megabyte. Kemudian, microprocessor megambil file – file data yang ingin kita lihat, dan akan meambah beberapa megabyte RAM jika kita melihat beberapa dokumen atau membrowsing halaman yang memuat banyak grafik. Jadi, untuk aplikasi normal membutuhkan 10 – 30 megabyte ruang RAM untuk beroperasi. Rata –rata semua komputer mempunyai aplikasi program sbb:
1. Word Processor
2. Spread Sheet
3. DOS Prompt
4. Program Email / drawing program
5. Tiga dan empat browser windows
6. Program fax.
7. Sesi telnet
Selain semua aplikasi tersebut, system operasi sendiri memerlukan cukup banyak ruang. Semua program tersebut memerlukan kira – kira 100 -150 megabyte RAM, tetapi komputer mungkin hanya mempunyai 64 megabyte RAM yang diinstal.
Ruang tambahan yang diperlukan dibuat oleh VMM. Beberapa aplikasi membutuhkan berton – ton RAM untuk melakukan tugasnya. Jika kita menjalankannya dengan mengunkan kmputer dengan RAM yang relatif kecil akan terjadi perpindahan program secara terus menerus dan komputer akan berjalan sangat lambat. Kita akan mendapatkan tambahan kecepatan yang sangat besar dengan menambahkan RAM yang cukup untuk menghilangkan pertukaran. Program – program seperti ini mungkin berjalan 10 – 50 kali lebih cepat jika mempunyai cukup RAM.

sumber: buku di perpus

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Site Info

Ini adalah blog biasa yang saya buat karena saya (agak) hobi menulis :). Maaf, apabila blognya kurang menarik dari segi tampilan maupun isinya. Salam

Coretanku.. Copyright © 2011 This site is redesigned by Agus Widiyanto